Beranda Buletin Pendidikan Arus Banjir Deras, Puluhan Murid SDN Gunungsentul dipulangkan

Arus Banjir Deras, Puluhan Murid SDN Gunungsentul dipulangkan

Arus Banjir Deras, Puluhan Murid SDN Gunungsentul dipulangkan. [Ist]

SUKABUMI, JABAR – Hujan deras dengan intensitas tinggi mengakibatkan banjir yang merendam bangunan SDN Gunungsentul, Kampung Mekarsari RT 003/005, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/1/2023).

Puluhan murid terpaksa dipulangkan untuk menghindari bahaya dari derasnya arus banjir. Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciemas, Idrus Stansyah mengatakan, hujan deras dengan intensitas tinggi terjadi sejak Selasa (24/1/2023) sore.

Akibatnya, fasilitas pendidikan gedung SDN Gunungsentul kebanjiran dengan ketinggian air 50-100 sentimeter.

“Air merendam bagian halaman sekolah dan ruang kelas. Sumber banjir diakibatkan hujan deras dan pendangkalan Sungai Cimapag sehingga air meluap. Selain itu luapan air dari persawahan sekitar menambah deras arus banjir yang datang,” ujar Idrus.

Idrus mengatakan, aktivitas belajar mengajar menjadi terganggu. pihak sekolah memutuskan memulangkan semua murid yang berjumlah 66 orang.

Karena arus banjir cukup deras dan kondisinya membahayakan, maka diputuskan untuk memulangkan siswa untuk belajar di rumah. Saat ini kondisi hujan masih terus mengguyur lokasi,” ujar Idrus.

Menurutnya, tidak ada korban luka maupun jiwa dan juga tidak ada bangunan yang rusak dalam peristiwa tersebut. Namun, jika banjir terus-menerus akan bangunan dan fasilitas sekolah akan terancam.

“Untuk mengantisipasi kejadian itu terulang, diperlukan pengerukan atas sedimentasi Sungai Cimapag di Desa Mandrajaya, agar air tidak meluap yang mengakibatkan banjir,” ujar Idrus. [In]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here