Beranda Sport Olahraga Selancar Ombak bagi Penyandang Disabilitas

Olahraga Selancar Ombak bagi Penyandang Disabilitas

Olahraga Selancar Ombak bagi Penyandang Disabilitas. (facebook/SurfAdaptadoPortugal)
  • Olahraga selancar ombak atau surfing tidak hanya bisa dinikmati mereka yang tidak memiliki cacat fisik.
  • Sebuah asosiasi olahraga berselancar di Portugal mengajak para penyandang disabilitas merasakan kenikmatan menunggang ombak di laut lepas.

Didirikan sejak 2012, Portuguese Association of Adapted Surfing (SurfAddict), atau Asosiasi Olahraga Selancar Adaptasi Portugal, memiliki tujuan mengajarkan olahraga selancar ombak pada orang-orang penyandang disabilitas.

Pendiri SurfAddict, mantan atlet Paralimpiade Nuno Vitorino, mengatakan, organisasinya ingin mengajak orang-orang dengan keterbatasan fisik atau lainnya lebih dekat ke pantai, dan menikmati laut.

“Pada tahun 1995 saya mengalami kecelakaan senjata api dan menjadi lumpuh. Sebelum kecelakaan, saya sudah terbiasa dengan olahraga selancar ombak. Pada tahun 2006, saya berada di pantai ini di Carcavelos dan saya merasa sangat frustrasi karena saya tidak bisa turun ke laut, jadi saya menelepon teman-teman saya dan mereka membantu saya masuk ke dalam air,” jelasnya.

https://web.facebook.com/SurfAdaptadoPortugal/photos/a.447285128632995/5439724999388958/?type=3

“Pada tahun 2012, kami mendirikan Asosiasi Selancar Adaptasi Portugal untuk memungkinkan siapa saja dengan disabilitas untuk pergi ke laut dan menikmati olahraga yang fantastis ini dan merasakan pengalaman menunggang ombak. Sekarang, ombak bisa untuk semua orang,” imbuhnya.

Asosiasi tersebut bermaksud menciptakan gerakan skala nasional, atau bahkan Eropa, untuk lebih mempopulerkan olahraga selancar ombak di kalangan komunitas yang menganggap olahraga itu tidak diperuntukkan bagi mereka. Mereka melatih para instruktur sekolah-sekolah selancar untuk merangkul kelompok-kelompok disabilitas.

Teres Abacros, wakil ketua asosiasi itu mengatakan, “Tujuan kami adalah untuk menjangkau lebih banyak orang yang memiliki keterbatasan, tidak hanya di Lisabon tetapi di seluruh negara ini, dan memperkenalkan selancar adaptasi. Kami juga ingin mengubah pandangan keliru mengenai orang-orang dengan mobilitas terbatas. Di sisi lain, kami ingin menarik perhatian lembaga-lembaga pemerintah akan pentingnya memiliki pantai yang dapat diakses oleh orang-orang dengan mobilitas terbatas. Kami ingin ada halaman parkir untuk orang-orang dengan mobilitas terbatas. Kami ingin jembatan penyeberangan yang memungkinkan orang-orang berkursi roda memiliki akses ke laut.”

Menurut Abracos, selancar ombak bisa membantu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental para penyandang disabilitas. Ia dan asosiasinya yakin olahraga ini bisa membangun kepercayaan dan harga diri kelompok yang selama ini terpinggirkan itu. [VOA/BTC]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here