Beranda Buletin Internasional Uang Logam Berharga Rp4,2 Miliar Ditemukan di Kaleng Permen

Uang Logam Berharga Rp4,2 Miliar Ditemukan di Kaleng Permen

Penampakan uang logam dengan harga setara Rp4,2 miliar. Uang ini menjadi koin termahal ketujuh di dunia sejajar dengan Morgan Silver Dollar. (Sumber: Associated Press/Menelaos Danellis/Morton & Eden Ltd)
Penampakan uang logam dengan harga setara Rp4,2 miliar. Uang ini menjadi koin termahal ketujuh di dunia sejajar dengan Morgan Silver Dollar. (Sumber: Associated Press/Menelaos Danellis/Morton & Eden Ltd)

BULETINTERKINI LONDON – Sebuah uang logam yang sangat langka ditemukan di sebuah kaleng permen berisi ratusan koin tua. Uang koin itu ternyata berharga setara Rp4,2 miliar.

Koin dengan nominal satu sen itu dicetak pada pertengahan abad ke-17 di Amerika Serikat (AS).

Uang yang disebut sebagai ‘koin New England’ itu akan dilelang di London, Inggris pada November mendatang.

Rumah lelang Morton & Eden Ltd akan mematok harga 300 ribu dollar AS yang setara Rp4,2 miliar. Nilai itu akan membuatnya menjadi uang koin termahal ketujuh di dunia sejajar dengan Morgan Silver Dollar.

Melansir Associated Press, koin perak satu shilling itu dibuat di Boston, Amerika Serikat pada tahun 1652.

Desain koin itu menampilkan inisial NE untuk New England di satu sisi dan angka Romawi XII atau 12 di sisi lainnya.

Diperkirakan hanya ada 40 koin jenis itu di dunia saat ini. Koin itu sendiri baru-baru ini ditemukan di Inggris di dalam kaleng permen berisi ratusan koin tua

“Saya hampir tidak bisa mempercayai mata saya, ketika menyadari bahwa kepingan koin yang masih bagus itu adalah shilling New England, dicetak oleh John Hull pada tahun 1652 di Boston untuk digunakan sebagai mata uang oleh pemukim awal di Massachusetts Bay Colony,” ujar juru lelang spesialis koin dari Morton & Eden Ltd bernama James Morton, dikutip dari AP News.

John Hull dan asistennya yang bernama Robert Sanderson adalah pencetak uang koin perak pertama di Amerika Utara itu sesuai perintah pengadilan umum Massachusetts. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here