Beranda Health Memperingati HUT PMI ke-76 PMI Kab PALI Gandeng BPBD Kab PALI Melakukan...

Memperingati HUT PMI ke-76 PMI Kab PALI Gandeng BPBD Kab PALI Melakukan Giat Donor Darah Aman

PALI,BULETINTERKINI – Dalam rangka memperingati HUT PMI ke-76, Palang Merah Indonesia (PMI) Kab PALI Pali bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Pali menggelar kegiatan donor darah aman di Gedung UDD PMI Kab PALI, Jumat (17/09/21).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Junaidi Anuar SE mengatakan, di masa pandemi, ketersediaan darah cenderung menurun. Padahal, kebutuhan cenderung meningkat.

“Momen donor darah di HUT PMI ke-76 merupakan momen yang tepat untuk memotivasi masyarakat agar tidak perlu khawatir dan ragu untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi karena protokolnya sudah disiapkan oleh PMI untuk menjamin bahwa kegiatan bisa berlangsung dengan baik dan aman,” ujar Junaidi.

Kepala UDD PMI Kab PALI dr Vivin Ovita juga menyampaikan apresiasi terhadap para pegawai BPBD yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dia berharap, kegiatan donor darah dapat dilanjutkan, dan menjadi contoh bagi masyarakat. Terlebih, donor darah merupakan gaya hidup sehat sekaligus momentum menumbuhkan kepedulian kepada sesama.

Sebelumnya, PMI telah mengeluarkan protokol pelaksanaan donor darah di masa pandemi. Beberapa prosedur yang harus dijalani calon pendonor mencakup menjalani sejumlah pemeriksaan kesehatan, mengecek kadar hemoglobin (Hb) dan tekanan darah, serta penerapan jaga jarak selama proses donor darah berlangsung. Pendonor juga diwajibkan menggunakan masker.

Selain itu, Tak hanya menjalani prosedur di atas, setiap pendonor diharuskan memenuhi persyaratan seperti sehat jasmani dan rohani, memiliki tekanan darah dalam batas tekanan sistolik 100-170 mmHg dan diastolik 70-100 mmHg, serta memiliki kadar Hb normal, yaitu 12,5-17,0 g persen.

Adapun selama pandemi, setiap orang yang memiliki riwayat kontak dengan orang yang didiagnosis atau diduga terinfeksi Covid-19 selama 14 hari terakhir, serta mengalami demam, batuk, pilek, sulit bernapas dan beberapa gejala lainnya yang mengarah pada Covid-19 tidak diperkenankan menjadi calon pendonor darah.(RF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here