Beranda Buletin Desa Diduga Program Replanting sawit di Kecamatan Bunga Mas Bermasalah

Diduga Program Replanting sawit di Kecamatan Bunga Mas Bermasalah

BULETINTERKINI BENGKULU SELATAN – Kuota lahan program peremajaan (Replanting) sawit seluas 1500 hektare yang didapatkan pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2021. Dari luas tersebut, kecamatan Bunga Mas mendapatkan 171 hektare Replanting tahap 1, yang terbagi atas 10 desa. Dalam pelaksanaan nya diduga banyak kecurangan, terutama di Desa Padang Jawi.

Indikasi tersebut mencuat pasalnya pernah di bahas oleh petani di desa Padang Jawi terkait Replanting sawit. Ada pun dana bantuan pemerintah kepada petani sawit sebesar Rp.30 juta/hektar.

Berdasarkan dari sejumlah narasumber (petani) kepada awak media, bahwa banyak di lapangan yang ditemukan lahan yang menjadi tempat Replanting namun tidak ada batang sawit, alias semak belukar dan lahan perkebunan karet warga.

Dari pantauan awak media bersama petani setempat di lapangan, Jum’at (30/7/21) banyak terlihat kejanggalan. Mulai dari pengolahan proyek Replanting, seperti bibit yang kurang, kawat yang kualitas rendah, kayu pancang cuma 150 batang/hektar dan juga pengerjaan penggarapan lahan yang terkesan asal-asalan.

Dilihat dari hasil pekerjaan tebang CPCL, pembuatan teras dilahan yang miring, dan hasil jonder penggemburan tanah yang tidak baik atau boleh di katakan asal jadi yang penting ada tanda penggemburan tanah. Disamping itu juga para petani meminta penjelasan tentang dana bantuan yang di kelola secara subsidi silang.

” Bibit kurang, penggemburan tanah yang asal-asalan, pancang 150 batang/hektar, dana yang di subsidi silangkan tidak transparan, lahan miring yang di teras pengerjaan asal-asalan, banyak juga yang ada sawitnya tidak di tebang padahal masuk Replanting,” ujar petani yang tidak mau namanya dipublikasikan.

Harapan petani sawit semoga dari pihak Instansi terkait bisa mendengarkan keluh kesah mereka. Kepada pemerintah dan instansi yang membidangi agar bertindak cepat turun ke lapangan untuk melihat faktanya.

Dikonfirmasi ketua kelompok replanting sawit kecamatan Bunga Mas, Dodi Setiawan melalui akun WhatsAppnya, dia hanya pasrah. ” Mau di publikasikan bagi saya tidak jadi masalah”. Sampainya kepada awak media.(Hamdani)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here