Beranda Buletin Daerah Musim Kemarau belum berakhir,BPBD PALI tetap siaga

Musim Kemarau belum berakhir,BPBD PALI tetap siaga

Buletinterkini.comPALI-Masyarakat kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mungkin harus bersabar lagi untuk menanti berakhirnya musim kemarau tahun ini.Pasalnya sesuai prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi musim hujan akan tiba di pertengahan bulan Oktober.

Saat buletinterkini.com berkunjung ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang terletak di jalan merdeka kelurahan Handayanimulya.Kepala BPBD kabupaten PALI Junaidi Anwar mengatakan jika hujan beberapa hari yang lalu merupakan hujan rekayasa.

“Hujan yang turun beberapa hari yang lalu merupakan hujan rekayasa yang dilakukan oleh tim kami dengan menggunakan pesawat terbang, menyebarkan garam di udara sehingga terjadinya hujan lokal,”jelas Junaidi.Selasa (01/10/19).

Ditambahkankan Junaidi,dengan adanya hujan rekayasa setidaknya mampu mengurangi titik api khususnya di Kabupaten PALI.

“Meskipun hujan rekayasa mampu memperkecil penyebaran titik api,akan tetapi tim Karhutla dan tim BPBD Pali tetap siaga jika sewaktu-waktu diperlukan.Contohnya saja hari ini,diperangkat kita mendeteksi adanya satu titik api,tim unit reaksi cepat kita langsung berangkat mencari titik api tersebut,”terangnya.

Meskipun musim kemarau Tahun ini terbilang panjang,namun Junaidi bersyukur BPBD kabupaten Pali bersama TNI,Polri dan masyarakat peduli api tetap semangat memadamkan api,baik itu lahan milik masyarakat maupun milik perusahaan.

“Kemarau tahun ini terbilang panjang namun kami tetap semangat.Tak lupa kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dan perusahaan yang mempunyai lahan,untuk selalu menjaga agar tidak melakukan pembakaran.Mari kita jaga alam,alam jaga kita,”tutup putra Lematang ini.(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here